Home » , » Tentang Griya Qur'an

Tentang Griya Qur'an

Written By indra on Sabtu, 07 April 2012 | 02.31


 
Saat perkembangan usia dini anak-anak kami, kami memilih Home Schooling. Setiap fase tumbuh kembang anak-anak kami berusaha membersamainya. Kemudian saat tahun 2011 kami berpindah tempat tinggal, masih sebagai kontraktor (baca : ngontrak :) ).

Kami saat ini tinggal disebuah pinggiran kampung, tepatnya di daerah Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara, sebelah utara kampus UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman). Untuk memasuki kampung kami, tepatnya di Rt 1 Rw 6 Kelurahan Pabuwaran, harus memasuki gang yang hanya cukup di kendarai sepeda motor, tidak cukup untuk di lalui mobil. Saat memasuki daerah kami, akan disambut gemericik air yang berasal dari kali / sungai kecil. Dipinggiran jalan, juga terdapat saluran air kecil yang kadang maaf, dipakai untuk melakukan kegiatan mencuci piring sampai buang air.

Saat pertama memasuki kampung, kami sedikit menghela nafas, kondisi masyarakat yang mayoritas pekerja serabutan dan PRT membuat kami berfikir untuk melakukan sesuatu. Akhirnya kami putuskan untuk membuat Taman Bacaan terintegrasi dengan TPQ (Taman Pendidikan Qur'an) di pertengahan tahun 2011. Bersyukur karena anak-anak tertarik, dengan persediaan buku-buku kami yang masih sangat terbatas maka jadilah taman bacaan dan TPQ ini, kemudian kami beri nama TPQ "Griya Qur'an".

Seiring berjalannya waktu, anak-anak kami juga mulai tumbuh besar, Faza anak pertama kami berusia 3 tahun dan Kholid anak kedua kami berusia 2 tahun, saat itu kami memang melakukan Home Schooling bagi anak-anak kami, pilihan yang kami rasa paling ideal bagi anak-anak kami.

Kemudian, di awal tahun 2012, tepatnya bulan Januari, kami memutuskan untuk membuka Home Schooling juga buat anak-anak tetangga, alternatif pendidikan Gratis yang berkualitas bagi mereka. Awalnya hanya tiga orang yang tertarik bergabung, Tiwi, Devi dan Rahma. Kemudian anak-anak lain mulai bergabung.

Kami berfikir sederhana, home schooling ini menjadi sarana efektif untuk pembentukan karakter, dan akhirnya anak-anak usia SD yang ikut di TPQ kita sinergiskan dengan menjadikan TPQ Griya Qur'an juga sebagai sarana Home Schooling mereka.

Anak-anak ini mempunyai mimpi, keterbatasan orang tua mereka jangan sampai menjadikan mereka kehilangan mimpi. Saat ini kepercayaan terhadap Home Schooling ini semakin besar, beberapa orang tua yang tergolong mampu, juga mengikutkan anaknya di sini. Tantangan kami berikutnya adalah agar Home Schooling ini tetap gratis, namun juga tetap berkualitas.

Saat ini pembiayaan masih murni dana pribadi, alhamdulillah beberapa teman kemudian juga menyumbangkan buku-buku dan beberapa dana untuk kebutuhan pengembangan Home Schooling. Kami membuka diri untuk donasi baik berupa buku atau alat-alat permainan edukatif, maupun dana yang dapat kami gunakan untuk pengembangan.

Kebutuhan relawan nampaknya juga harus segera kami penuhi, beberapa adik kelas di kampus mulai menyanggupi untuk membantu, selama ini masih kami sendiri yang mengelolanya. 

Mohon doa dan dukungannya...kita semua semoga menjadi bagian dalam membersamai mewujudkan mimpi-mimpi terbaik anak bangsa ini.

Salam kami, Indra dan Triprastyanti


Purwokerto 07 April 2012
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Home Schooling Griya Qur'an - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger